AMFIBI DAN REPTIL SUMATERA SELATAN: AREAL SEMBILANG - DANGKU DAN SEKITARNYA
Nisan 8, 2020
Mirza Dikari Kusrini

Metrics

  • Eye Icon 492 views
  • Download Icon 128 downloads
Metrics Icon 492 views  //  128 downloads
AMFIBI DAN REPTIL SUMATERA SELATAN: AREAL SEMBILANG \u002D DANGKU DAN SEKITARNYA Image
Abstract


POTRET KEANEKARAGAMAN HAYATI AMFIBI DAN REPTIL DI PROVINSI SUMATERA SELATAN, TERUTAMA AREAL SEMBILANG - DANGKU DAN SEKITARNYA

Wilayah Sumatera Selatan bisa dikatakan sebagai wilayah yang banyak mendapat tekanan dari kegiatan manusia. Tekanan terbesar terutama pada daerah dataran rendah seperti pada lansekap Sembilang - Dangku yang terdiri dari mozaik hutan gambut, kebun kelapa sawit, hutan tanaman industri, tambang, pemukiman dan kawasan konservasi. Walaupun demikian, wilayah ini adalah rumah bagi berbagai satwa liar. Bukan saja satwa liar besar dan karismatik seperti gajah dan harimau, namun juga berbagai jenis amfibi dan reptil.

Pada pertengahan tahun 2019 (20 - 25 Juli 2019), telah dilaksanakan pelatihan pengenalan dan penelitian amfibi dan reptil di Universitas Sriwijaya serta PT GAL (PT Global Alam Lestari). Kegiatan ini dilanjutkan dengan pengambilan data pada bulan Agustus 2019 oleh 4 kelompok di wilayah Sembilang-Dangku dan sekitarnya melalui program Gerakan Observasi Amfibi Reptil Kita (GO ARK) yang merupakan kegiatan citizen science yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Buku ini menyajikan hasil kegiatan pelatihan dan GO ARK khusus untuk wilayah Sumatera Selatan, terutama di areal Sembilang- Dangku dan sekitarnya.

Jenis amfibi dan reptil yang tersaji di sini bisa saja tidak mencakup keseluruhan jenis yang ada di Sumatera Selatan ataupun di areal Sembilang-Dangku, namun demikian dipastikan jenis-jenis yang tercantum di sini adalah jenis yang umum ditemukan.

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mendapatkan jenis-jenis lain.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
IKAN-IKAN AIR TAWAR SEMBILANG DANGKU
IKAN\u002DIKAN AIR TAWAR SEMBILANG DANGKU Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 492 views
  • Download Icon 128 downloads
Metrics Icon 492 views  //  128 downloads