AMFIBI DAN REPTIL SUMATERA SELATAN: AREAL SEMBILANG - DANGKU DAN SEKITARNYA

Mirza Dikari Kusrini
Book Zoological Society of London (ZSL) Indonesia • April 2020 Indonesia

Download full text
(Bahasa Indonesia)

Abstract

POTRET KEANEKARAGAMAN HAYATI AMFIBI DAN REPTIL DI PROVINSI SUMATERA SELATAN, TERUTAMA AREAL SEMBILANG - DANGKU DAN SEKITARNYA

Wilayah Sumatera Selatan bisa dikatakan sebagai wilayah yang banyak mendapat tekanan dari kegiatan manusia. Tekanan terbesar terutama pada daerah dataran rendah seperti pada lansekap Sembilang - Dangku yang terdiri dari mozaik hutan gambut, kebun kelapa sawit, hutan tanaman industri, tambang, pemukiman dan kawasan konservasi. Walaupun demikian, wilayah ini adalah rumah bagi berbagai satwa liar. Bukan saja satwa liar besar dan karismatik seperti gajah dan harimau, namun juga berbagai jenis amfibi dan reptil.

Pada pertengahan tahun 2019 (20 - 25 Juli 2019), telah dilaksanakan pelatihan pengenalan dan penelitian amfibi dan reptil di Universitas Sriwijaya serta PT GAL (PT Global Alam Lestari). Kegiatan ini dilanjutkan dengan pengambilan data pada bulan Agustus 2019 oleh 4 kelompok di wilayah Sembilang-Dangku dan sekitarnya melalui program Gerakan Observasi Amfibi Reptil Kita (GO ARK) yang merupakan kegiatan citizen science yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Buku ini menyajikan hasil kegiatan pelatihan dan GO ARK khusus untuk wilayah Sumatera Selatan, terutama di areal Sembilang- Dangku dan sekitarnya.

Jenis amfibi dan reptil yang tersaji di sini bisa saja tidak mencakup keseluruhan jenis yang ada di Sumatera Selatan ataupun di areal Sembilang-Dangku, namun demikian dipastikan jenis-jenis yang tercantum di sini adalah jenis yang umum ditemukan.

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mendapatkan jenis-jenis lain.

 

Metrics

  • 283 views
  • 15 downloads

Publisher

Zoological Society of London (ZSL) Indonesia

ZSL Indonesia is part of the Zoological Society of London (ZSL), a charity devoted to the worldwi... see more