FLORA RIPARIAN DAN HUTAN RAWA GAMBUT UNTUK RESTORASI AREA DENGAN NILAI KONSERVASI TINGGI TERDEGRADASI
Abril 8, 2020
Tukirin Partomihardjo

Metrics

  • Eye Icon 607 views
  • Download Icon 130 downloads
Metrics Icon 607 views  //  130 downloads
FLORA RIPARIAN DAN HUTAN RAWA GAMBUT UNTUK RESTORASI AREA DENGAN NILAI KONSERVASI TINGGI TERDEGRADASI Image
Abstract

Konservasi keanekaragaman hayati dalam bentang alam (lanskap) kawasan perkebunan (kelapa sawit) menjadi sangat penting, mengingat peruntukan kawasan tersebut tidak untuk melindungi keanekaragaman hayati melainkan lebih pada kepentingan produksi guna meningkatkan perekonomian. Meskipun diakui bahwa produksi komoditas perkebunan itu sendiri merupakan bagian atau sangat bergantung pada layanan penting keanekaragaman hayati dan ekosistemnya. Selain keberadaan sumber air yang cukup, produksi
sawit juga dipengaruhi oleh kehadiran serangga penyerbuk yang efektif dan pengendali hama yang potensial. Keberhasilan upaya konservasi keanekaragaman hayati terutama flora dan fauna, dalam lingkungan eksistem hutan sebenarnya hanya memerlukan komitmen pemerintah dan partisipasi para pemangku kepentingan untuk mengimplementasikannya secara konsekuen dan benar. Oleh sebab itu, konservasi keanekaragaman hayati dan ekosistemnya merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari pembangunan ekonomi, industri dan merupakan jaminan tercapainya program pembangunan nasional berkelanjutan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam pembangunan berkelanjutan adalah pengembangan manajemen atau sistem pengelolaan perkebunan yang peduli dan berwawasan lingkungan serta berperan aktif dalam upaya pelestarian keanekaragaman hayati beserta ekosistemnya. Sebagai bahan acuan dan referensi dalam rangka percepatan pemulihan fungsi sekosistem di areal perkebunan kelapa sawit terutama areal NKT, maka dibutuhkan panduan yang memuat keragaman jenis tumbuhan sisa tegakan alami beserta teknik restorasi areal NKT yang terdegradasi.

Buku ini diharapkan dapat berguna bagi perusahaan perkebunan yang membutuhkan sebagai referensi dalam pelaksanaan rehabilitasi area NKT atau riparian, dengan demikian, pemilihan jenis tumbuhan
yang ditanam dalam rangka percepatan pemulihan keanekaragaman hayati dan ekosistemnya areal NKT dapat dilakukan secara tepat dan benar.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
IKAN-IKAN AIR TAWAR SEMBILANG DANGKU
IKAN\u002DIKAN AIR TAWAR SEMBILANG DANGKU Image
TUMBUHAN HUTAN RAWA GAMBUT MERANG KEPAYANG
TUMBUHAN HUTAN RAWA GAMBUT MERANG KEPAYANG Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 607 views
  • Download Icon 130 downloads
Metrics Icon 607 views  //  130 downloads